logo
Top
Image Alt

Urmilamile's World

  /  Kecantikan   /  Apa itu Concealer?
apa itu concealer

Apa itu Concealer?

Hai readers!~ kali ini aku mau sharing tentang apa itu concealer? Produk make up ini memang familiar digunakan untuk menyembunyikan kekurangan yang ada pada wajah, sekaligus membuat wajah tampak lebih segar. Bisa dikatakan, rangkaian make up ini menjadi penyelamat bagi para wanita yang kondisi wajahnya kurang prima.

Kulit berjerawat, noda hitam, dan kantung mata tentu jadi masalah yang sangat urgent khususnya bagi para wanita. Tapi, kini kamu nggak perlu khawatir lagi, karena gangguan tersebut dapat dimanipulasi dengan menggunakan produk kecantikan yaitu, concealer.

Apa Itu Concealer? 

apa itu concealer
Bagian Bawah Mata yang Akan Tersamarkan oleh Concealer | via: Stylecaster.com

Concealer (baca: konsiler) adalah produk kecantikan yang berguna untuk menutupi kekurangan pada wajah. Hasilnya, wajah akan terlihat lebih mulus, cerah, dan segar. Produk ini dapat cocok untuk semua jenis kulit, baik kulit kering, berminyak, jerawat, atau kombinasinya. Nah, before you decided what kind of concealer that fits you best, kamu harus mengetahui jenis kulitmu terlebih dahulu, baru kamu bisa memilih concealer yang paling tepat diaplikasikan pada wajah 🙂

Jadi, apa itu concealer? Sederhananya adalah make up untuk menutupi kondisi kulit wajah yang kurang baik

For example, untuk kulit berjerawat, gunakan produk concealer yang mengandung benzoyl peroxide atau salicylic acid. Concealer yang memiliki kandungan salicylic acid juga dapat digunakan untuk jenis kulit berminyak. Nah, untuk kulit kering atau dry skin sebaiknya kamu memilih produk yang dapat menjaga kelembaban kulit. 😊

Macam-macam Concealer 

Menurut aku, pakai concealer adalah langkah terbaik saat kondisi muka memang kurang prima. Same with the other kind of beauty products, concealer juga hadir dengan berbagai macam bentuk yang disesuaikan dengan kegunaannya. Ini dia beberapa macam concealer yang bisa kamu gunakan sesuai kebutuhan 😊

1. Concealer Stick

Concealer jenis ini diaplikasikan di bagian bawah mata. Cara penggunaannya hampir sama dengan lipstik. Rangkaian make up ini dapat digunakan sebelum ataupun sesudah menggunakan alas bedak. Concealer stick dapat menutupi mata panda atau kantung mata dengan sempurna.

But, one thing you guys should remember, jangan menggunakan concealer di bawah mata dengan menggores atau menarik dengan kasar ya! Karena ini bisa mengakibatkan kulit kendur. Untuk menutupi keriput di area mata, aplikasikan sedikit pelembab terlebih dahulu sebelum menggunakan concealer.

Bagi kamu yang memiliki kulit berminyak, jangan mengoleskan concealer stick terlalu tebal. Concealer jenis ini mengandung minyak lebih banyak, sehingga perlu diperhatikan penggunaannya, terutama pada kulit berminyak. Menggunakan concealer terlalu banyak akan membuat wajah terasa lebih tebal.

2. Liquid Concealer

apa itu concealer
Jenis Concealer Cair yang Mudah Sekali Dipakai! | via: Kkwbeauty.com

Liquid concealer dikemas dalam wadah tabung yang disertai dengan aplikator. Kamu bisa mengoleskan concealer menggunakan aplikator pada bagian yang ingin ditutupi. Concealer jenis ini memiliki tekstur yang ringan dan tidak mengandung banyak minyak and therefore, tidak akan jadi masalah jika kamu ingin menambah lapisannya.

Karena berbentuk cair, penggunaannya sedikit sulit karena dapat lari ke mana-mana. Solusi untuk mengatasi masalah ini, oleskan concealer sedikit demi sedikit. Ratakan menggunakan tangan atau beauty blender supaya lebih rapi dan halus.

3. Concealer Cream

Tipe concealer ini memiliki tekstur cream yang super soft, biasanya dikemas dalam wadah kecil. Concealer cream mudah diaplikasikan menggunakan tangan, kuas, atau beauty blender. Kelebihan lain dari concealer jenis ini yaitu mudah dibaurkan dengan kulit wajah.

Concealer cream memiliki kandungan yang dapat melembabkan kulit yang sangat cocok untuk kulit kering. Tapi, beberapa produk concealer cream konsistensinya terlalu tebal dan berminyak. Sehingga, garis muka akan terlihat sangat jelas.

4. Concealer Matte

apa itu concealer
Jenis Concealer Matte | via: Revolutionbeauty

Untuk jenis concealer yang satu ini, memiliki kelebihan yang dapat menutup garis muka nyaris sempurna. Jerawat atau noda hitam tertutup dengan baik. Selain itu, concealer matte memiliki fungsi lain, yaitu digunakan sebagai alas dari eyeshadow. Tapi, concealer ini terlalu tebal. Jika diaplikasikan pada kulit kering, garis-garis wajah akan terlihat jelas.  

Nah, itu dia informasi yang bisa aku sampaikan mengenai apa itu concealer dan beberapa jenis concealer. Sekarang, saatnya kamu memilih concealer yang sesuai dengan jenis kulitmu. So, jangan lupa untuk selalu menggunakannya ketika kondisi wajah kamu terasa kurang prima ya! 😊

Post a Comment