Logo Urmilamile.com
Top
Cara mengelola uang THR sangat penting dilakukan saat masa pandemi covid-19

Trik dan Cara Mengelola Uang THR Selama Masa Pandemi Covid-19

Hi Readers! ~ Masih semangat menjalani hari dan aktivitas di tengah Pandemi Covid-19? Semoga tetap produktif dan sehat ya! 😊 Yuk kita bahas soal cara mengelola uang THR yang tepat di masa pandemi ini. Karena pandemi berkaitan erat dengan kondisi keuangan banyak orang, gak heran kalau sekarang banyak juga orang yang ketar ketir saat menerima uang, misalnya uang THR.
Jadi, gimana sih cara mengatur uang THR ini dengan tepat? Nah, sebaiknya kamu mementingkan skala prioritas dulu ya Readers kalo udah terima THR. Maksudnya begini, jangan sampe kamu habiskan uang THR cuma untuk beli baju lebaran aja. Coba cek kembali, apakah kebutuhan pokok di rumah sudah terpenuhi? Kalau belum, alangkah lebih baik kalau kamu gunakan untuk kebutuhan yang penting dahulu.

Cara Mengelola Uang THR dengan Mudah dan Tepat

Mengelola uang THR ini harus kamu lakukan supaya kamu gak boros di masa-masa pandemi ini ya Readers. Yah, walaupun judulnya kita merayakan hari raya tapi kan berbeda dengan masa lebaran dulu sebelum pandemi ini muncul. Berikut ini aku kasih kamu tips cara mengelola uang THR dengan benar, check it out! 😊

1. Melunasi Hutang atau Tagihan

(Photo by: Moneycrashers.com)

The first thing you should do adalah cek kembali apakah kamu masih punya hutang pembayaran? Atau masih ada tagihan bulanan yang belum sempat kamu bayar. Pinjaman seperti kartu kredit, pinjaman bank atau bahkan sempat pinjam sama teman mending dibayar dulu ya Readers. Karena kalau kamu tunda pembayaran hutang atau tagihan ini kamu akan kerepotan membayarnya saat kamu gak punya uang.

2. Beri THR pada Orang-orang yang Bekerja sama Kita

Mungkin di rumah kalian ada orang-orang yang bekerja seperti misalnya ART, supir, satpam dan sebagainya. Nah, dahulukan juga buat membayar THR mereka ya Readers. Karna ini juga penting banget, mereka juga pasti memerlukan uang THR itu untuk keperluannya masing-masing.

3. Belanja Lebaran

(Photo by: Property.com)

Salah satu tradisi yang sering dilakukan banyak orang saat lebaran tiba adalah berbelanja. Bisa berbelanja makanan, pakaian atau apapun. Nah, kalau semua kebutuhan penting sudah kamu bayar baru deh kamu bisa berbelanja segala kebutuhan lebaran ini. Tapi inget ya Readers, gak boleh kelewatan belanjanya. Usahakan untuk membeli yang penting-pentingnya saja. Prinsipnya, Don’t shopping too much ya readers!! 😊

4. Membayar Zakat

Zakat menjadi salah satu rukun islam kan Readers, jadi jangan lupa sama kewajiban kamu sebagai hamba Allah ya. Bayarkan uang THR kamu dengan zakat seluruh anggota keluarga di rumah, jangan sampai terlewat.

5. Biaya Mudik

(Photo by: Bringinlife.co.id)

Kalau masih ada sisa uang THR setelah membayar ini dan itu, baru deh kamu boleh menghitung biaya untuk mudik. Namun karena kegiatan mudik ini dilarang di masa pandemi ini, jadi kamu bisa mengalihkan biaya mudik ini untuk biaya lainnya yang juga terasa penting di saat-saat lebaran ini.

6. Persiapkan Dana Cadangan

THR adalah salah satu pemasukan yang munculnya hanya setahun sekali yaitu saat hari raya tiba. Meskipun masih ada sisa THR, tapi ada baiknya kamu tabungkan sisa uang yang ada dan anggap sebagai dana cadangan/darurat. Tabungan menjadi hal yang sangat penting setelah masa pandemi ini muncul, karena tabungan ini bisa kamu gunakan untuk uang tambahan di masa-masa sulit.😊

Cara mengelola uang THR yang sudah aku bahas tadi bisa menjadi referensi untuk kamu ya Readers, selebihnya kamu bisa atur kembali kebutuhan apa yang kira-kira menjadi hal yang utama saat hari raya tiba 😊

Post a Comment