Berhubung kemaren aku baru kena scamming, aku jadi pengen share nih.. tentang scammer, karena ga semua orang tau apa itu scammer .. What’s the meaning of scammer? scamming?

Scam = Penipuan
Scammer = Orang yang melakukan penipuan

Scammer itu adalah sekumpulan orang yang melakukan penipuan dengan segala cara, bisa lewat telpon, email, website atau media sosial lainnya. Biasanya mereka melakukan scam dengan modal narik perhatian/simpati si korbannya.

Ada beberapa jenis modus scammer yang perlu diketahui :

  • Ngaku sebagai keluarga kita atau temen kita
    menurut aku, di berbagai modus scammer yang ada..  ini yang paling keji sih. kenapa keji? karena mereka bener2 manfaatin kepanikan atau kepercayaan kita terhadap orang yang lagi di peranin sama mereka.
    Yang paling ngetren dan udah basi banget sih kalo di Indonesia itu ya modus Mama Minta Pulsa, ya ga? kalo ini sih aku yakin udah banyak yang garingin deh. tapi coba kalo si scammer ngaku ngaku jadi keluarga atau temen kita? bilangnya mereka kecelakaan lah, ditahan lah, dan lainnya .. kalo si korbannya lagi kosong/lagi gabisa mikir panjang dan udah panik duluan, udah deh tuh gampang banget.  Minta dikirimin uang buat tebusan atau buat apaan lah, pokonya gitu.
    buat aku, orang yang ngelakuin ini asli LO GA PUNYA OTAK, GAPUNYA PERASAAN! 
  • Hadiah
    Nah ini juga nih, banyak juga korban yang kena scam dengan modus hadiah. Siapa sih yang ga seneng buat dapet hadiah? orang gila aja kalo dikasih hadiah pasti jingkrak2, gimana kita yang normal dan sukanya sama yang gratisan? tapi pas mau diambil hadiahnya kita disuruh transferin uang dll, bilangnya sih buat administrasi dan lainnya
  • Business
    Ngajakin bisnis dan lainnya, ngasih tau keuntungannya panjang lebar, dijanjiin keuntungannya bakal balik dengan cepat.
  • Uang dalam paket
  • Computer kena virus
  • Cinta Maya dan Nyata
  • Survey dapat duit
  • Travel dan masih banyak lagi.

Intinya sih, dari poin poin yang aku sebutin di atas itu adalah .. U A N G
Kitanya dimintain buat transfer uang ke mereka dengan segala embel embel yang ada.  Saran aku, sebagai salah satu korban scammed. Berhati hatilah jika mendapatkan telpon/email/googling dan lainnya. Teliti, Crosscheck dan lainnya sebelum melakukan sesuatu. Jangan main asal transfer!

kalo mereka ngaku sodara atau temen kamu, lebih baik kamu langsung telpon temen atau sodara kamu dan mastiin, bener ga kalo mereka minta bantuan kamu atau lainnya dan biasanya mereka pake nomor yang ga ada di kontak kita.

#Scammer #Scam #Scammed #Penipuan #PenipuanOnline #ModusPenipuan