Logo Urmilamile.com
Top
Modem Wifi 4G Terbaik

Modem Wifi 4G Terbaik untuk Berbagai Kebutuhan Anda

Hi Readers! Pada era industri 4.0, memiliki jaringan internet merupakan suatu kewajiban. Bagaimana tidak? Hampir seluruh aktivitas membutuhkan teknologi ini untuk mempermudah mengerjakan sesuatu. Baik pekerjaan, sekolah, maupun kegiatan sehari-hari. Berbicara tentang internet, saat ini sudah berkembang hingga standar generasi keempat dalam dunia teknologi telepon seluler yang biasa disebut 4G atau Fourth Generation Technology. Jaringan tersebut dapat diperoleh dari paket data maupun modem WiFi.

Anda pasti sudah familiar dengan paket data internet yang dapat dengan mudah Anda beli melalui counter pulsa terdekat atau secara daring. Sesuai dengan provider keinginan Anda. Paket data dapat digunakan hanya di satu perangkat saja. Kendati ada menu personal hotspot pada telepon seluler Anda, namun tidak sehemat ketika Anda menggunakan modem Wifi. Lantas apa yang dimaksud dengan modem Wifi? Simak ulasan berikut ini.

Apa yang Dimaksud Modem Wifi?

Dilihat dari namanya saja, Anda tentu bisa menebak bahwa fungsi modem WiFi atau yang biasa disebut Mifi itu sama dengan Wifi. Secara umum, perbedaan antara keduanya adalah jika Wi-Fi itu tetap di satu tempat, sementara Mi-Fi bisa dibawa ke mana-mana. Hal tersebut dilihat dari tiga hal berikut ini.

  1. Komponen

Pertama, perbedaan antara Wifi dan Mifi dapat dilihat dari komponennya. Wifi hanya satu perangkat router yang dapat menghasilkan jaringan internet. Sementara Mi-Fi adalah gabungan dari modem dan router Wifi.

  1. Perangkat

Kedua, perbedaan antara Wifi dan Mifi dapat dilihat dari perangkatnya. Wifi merupakan jaringan nirkabel yang dipasang di suatu tempat untuk menghasilkan jaringan internet. Hal ini berpengaruh pada jangkauan internet. Pada Wifi, jaringan internet terbatas pada area yang masih bisa dijangkau oleh jaringan.

Berbeda dengan Mi-Fi, perangkat ini dilengkapi baterai portable. Dengan begitu, Mifi dapat dibawa kemanapun sehingga jangkauan internet yang dihasilkanĀ  oleh Mi-Fi juga fleksibel. Tidak hanya pada area tertentu saja.

  1. Jaringan

Ketiga, perbedaan antara Wifi dan Mifi dapat dilihat dari jaringan internet yang dihasilkan. Internet Mifi dapat dihasilkan dari penyedia data seluler sesuai provider yang diinginkan. Sementara Wifi hanya sebatas router yang internetnya sudah dipastikan oleh penyedia jasa Wi-Fi.

Dari ketiga hal di atas, dapat disimpulkan bahwa menggunakan Mi-Fi lebih fleksibel dibanding menggunakan Wi-Fi. Selain itu, Anda tidak harus berlangganan bulanan secara aktif. Anda bisa mengaktifkan internet sesuka hati Anda tanpa berpikir biaya bulanan.

Kelebihan Mifi dibanding Paket Data

Selain kelebihannya yang fleksibel dibanding Wifi, Mifi juga mempunyai kelebihan tersendiri dibanding paket data. Dengan menggunakan Mifi, Anda bisa lebih berhemat. Anda serumah tidak perlu membeli paket data untuk setiap ponsel atau membeli kuota paket data lebih sedikit sebagai persiapan ketika keluar rumah. Hal itu disebabkan aktivitas setiap orang di rumah berbeda-beda.

Ciri-ciri Modem Wifi 4G Terbaik Sesuai Kebutuhan Pengguna

Setelah Anda paham dan tertarik untuk memakai Modem Wifi alias Mifi, Anda harus memastikan beberapa hal berikut ini sebelum membelinya. Apa saja hal-hal tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

  1. Paket Penjualan Mifi

Pada poin satu ini Anda harus memastikan apakah Mifi yang dijual hanya perangkat atau sudah bundling dengan operator selulernya. Jika sudah bundling dengan operator seluler, biasanya Anda juga mendapatkan paket internet sesuai dengan operator seluler yang dibundling.

  1. Kecepatan Jaringan

Kecepatan jaringan merupakan hal yang tak boleh Anda lewatkan. Hal ini berpengaruh pada proses selancar Anda di internet. Periksalah kecepatan maksimal dari Mifi yang akan Anda beli. Kecepatan tersebut juga dipengaruhi dengan operator seluler yang Anda gunakan.

  1. Kapasitas Baterai

Hal selanjutnya yang perlu Anda pastikan adalah kapasitas baterai. Kapasitas baterai yang besar agar Anda bisa menggunakannya dengan lama. Beberapa Mifi ada yang menyediakan fitur bypass, yakni baterai pada Mifi dapat dilepas sembari digunakan dengan dicharge.

  1. Maksimal Pengguna Mifi

Hal ini perlu Anda ketahui agar dapat membatasi maksimal pengguna. Jadi, Anda dapat mengetahui penyebab jika ada pengguna yang tidak bisa akses internet Mifi karena limited access.

Nah, setelah Anda memperhatikan hal-hal di atas, saatnya Anda menentukan Modem Wifi 4G terbaik untuk mendukung aktivitas Anda. Anda bisa beli modem 4G seperti Telkomsel Orbit.. Sudah bundling dengan operator seluler telkomsel include paket data sebanyak 150Gb. Jangkauan wilayah yang luas dan kekuatan internet yang baik, bisa menunjang segala aktivitas Anda.

Post a Comment