Hi readers, kali ini aku mau sharing tentang dunia ku selama senin-jumat. Buat kalian yang anak keuangan atau akutansi pasti sudah pada tau dong ini apa? General Ledger atau lebih sering disebut buku besar adalah rangkuman atau catatan dari semua akun yang ada di sebuah organisasi/perusahaan dimana ada transaksi atau pencatatan keuangan, biasanya ada pencatatan debit dan kredit serta semuanya harus balance, tidak boleh debit > kredit begitupun sebaliknya.

Pengertian General Ledger Menurut Para Ahli


General ledger berisi tentang rangkuman data mengenai setiap asset, kewajiban, ekuitas, penjualan, dan biaya-biaya sebuah organisasi. Kegiatan proses informasi meliputi updating general ledger dan persiapan laporan yang merangkum hasil aktivitas organisasi.


Romney & Steinbard (2006)


Dokumen-dokumen transaksi yang sudah dicatat sebelumnya, baik dalam jurnal umum maupun jurnal khusus kemudian dipindahkan ke dalam buku besar (General ledger) sesuai dengan kelompok rekening dan nomor perkiraannya. Pada dasarnya fungsi buku besar adalah untuk mengetahui total saldo pada masing-masing rekening yang nantinya akan dipindahkan ke neraca saldo secara satu per satu tiap-tiap rekening.

FUNGSI

  • Untuk mencatat semua transaksi akuntansi secara akurat
  • Untuk memposting transaksi – transaksi tersebut pada akun yang sesuai
  • Untuk menjaga keseimbangan debit dan kredit pada akun – akun tersebut
  • Mengakomodasi pencataan jurnal penyesuaian
  • Membuat laporan keuangan yang handal dan tepat waktu pada setiap periode akuntansi

TUJUAN

  • Mencatat transaksi akuntansi secara akurat dan tepat waktu.
  • Memposting transaksi ke akun yang sesuai.
  • Menjaga keseimbangan debet dan kredit untuk masing-masing akun.
  • Mengakomodasikan jurnal penyesuaian, serta
  • Menyediakan laporan keuangan yang handal dan tepat waktu dalam setiap periode akuntansi.

Mungkin untuk yang tidak bekerja di bidang akutansi atau perbank-an akan menganggap hal ini bodo amat / tidak penting, akan tetapi jika kalian bekerja di bidang akutansi atau bank. Maka kalian wajib banget buat tahu apa sih buku besar itu? karena buku besar berperan sebagai mencatat dan memproses berbagai macam transaksi keuangan. Bagian buku besar penting sekali bagi pelaporan keuangan, dan sering berarti berhubungan erat dengan departemen dan perorangan dari segala bagian organisasi.

Karena berkaitan dengan laporan, maka penghitungannya pun harus akurat, tidak boleh kurang 1 peserpun. Intinya mesti balance sih kalau menurut aku, ya itu aja yang bisa aku sampaikan tentang general ledger 😉 Nanti akan ku sambung jika ada kesempatan atau mood untuk bahas dunia per akutansi an. Have a good day!