Logo Urmilamile.com
Top
Urmilamile - Telur Asin Khas Indonesia

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Telur Asin

Hi readers! ~ Kali ini aku mau bahas telur asin yang menurut aku ini masuk ke makanan khas Indonesia, dimanapun dan jenis apapun makanannya pasti kalian akan menemukan telur asin sebagai side dish atau teman-nya lauk. Mulai dari pasar, warung, warteg, restoran kalian pasti akan menemukan telur asin! seriusan deh.. karena emang se wah itu, bahkan temen aku kalau makan khas tertentu nih misalnya pasti akan ambil telur asin. Telur asin adalah masakan berbahan dasar telur yang diawetkan dengan cara diasinkan, telur yang digunakan bisa macam-macam mulai dari telur itik, telur bebek bahkan telur ayam.
Selain enak, manfaat telur asin banyak lho!

sumber foto: Wikipedia

Cara membuat telur asin termasuk gampang-gampang susah lho, kamu bisa langsung membuat telur asin sendiri di rumah. Caranya adalah dengan mengawetkan telur yang sudah dilumuri oleh abu gosok atau batu bata. Sejujurnya sih aku belum pernah praktek tapi temen-temen ku ada yang pernah buat dan sukses lho hehe. Telur harus dicuci bersih lalu dilapisi dengan campuran adonan garam,abu gosok dan bubuk batu bata. Telur-telur ini kemudian harus didiamkan selama beberapa hari, setelah siap barulah telur direbus atau dibakar hingga matang. Garam yang digunakan untuk melapisi telur membuat telur memilki rasa asin sekaligus menjadi awet, telur asin bisa tahan sampai 30 hari.

Telur asin ini memiliki nilai gandungan gizi dua kali lipat lebih banyak daripada telur biasa. Telur ini paling pas jadi teman nasi, lauk pauk, dan sayur seperti rawon dan soto. Makanan khas indonesia banyak yg menggunakan telur asin lho sebagai lauknya! contohnya: nasi jamblang, dan nasi lengko.
Dimakan tanpa nasi pun enak lho!
Selain itu telur asin ini juga dijadikan oleh-oleh. Pasalnya telur asin ini memiliki sifat tahan lama, nggak mudah busuk, dan praktis untuk dibawa ke luar kota.

di Indonesia sendiri, telur asin ini merupakan makanan khas dari daerah Brebes dan Brebes merupakan penghasil telur asin terbanyak yang ada di Indonesia. Kamu dapat menemukan telur asin di sepanjang jalan brebes, harga dan jenis telur asin yang di jual pun sangat variatif tergantung cara masaknya. Jenis telur asin yang populer di pasaran antara lain telur asin rebus, telur asin bakar dan telur asin pindang.
Harga telur asin juga variatif tergantung jenis dan kualitasnya, biasanya satu butir itu dibandrol mulai dari harga 2ribu sampai 10ribu.

Telur asin memiliki kandungan nutrisi sebagai berikut:

  • Kalsium dan zat besi yang baik untuk tubuh terutama dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi serta mencegah osteoporosis.
    Zat besi pada telur asin juga berperan dalam pembentukan hemoglobin,mencegah anemia dan menguatkan fungsi otot dan otak. Namun telur asin juga tak boleh dikonsumsi secara berlebihan karena kadar garam yang tinggi membuat telur asin bisa memicu resiko darah tinggi.
  • Kolesterol yang tinggi yakni sekitar 300-600 mg padahal kebutuhan kolesterol harian tubuh hanya sekitar 300 mg.
  • Sodium

Manfaat telur asin untuk kesehatan yang wajib kamu ketahui:

  1. Membantu meningkatkan masa otot
  2. Mingkatkan regenerasi sel
  3. Mencegah masalah anemia
  4. Membantu mengatasi darah tinggi
  5. Meningkatkan proses metabolisme tubuh
  6. Memperbaiki kesehatan mata
  7. Kaya akan antioksidan untuk menangkal radikal bebas
  8. Membantu perkembangan otak
  9. Menjaga sistem kekebalan tubuh
  10. Baik untuk kesehatan tulang
  11. Menjaga kesehatan kulit
  12. Manfaat telur asin untuk menurunkan kadar lipit darah

Telur asin ini enak, tapi gaboleh banyak-banyak ya! apalagi buat ibu hamil karena kandungan garamnya ini bener2 banyak banget!
untuk ibu hamil, batasan makan telur asin adalah setengah butir (jangan banyak-banyak cari aman) Telur asin ini menurut aku makanan yang dicintai dan disukai oleh semua orang, mulai dari yang dewasa sampai yang kecil! (terbukti di keluarga aku sih ini, hehe). Kalian suka juga engga?

Sebenernya masih banyaaaaak banget yang bisa ditulis lagi tentang telur asin tapi sekarang cukup sampai disini dulu ya, dilanjut di artikel selanjutnya ya.. Have a good day!

Post a Comment