logo
Top
Image Alt

Urmilamile's World

  /  Lifestyle   /  Tips Melakukan Staycation
tips melakukan staycation

Tips Melakukan Staycation

Hi readers! 😊 kali ini aku mau sharing tentang tips melakukan Staycation. Belakangan ini, kegiatan Staycation marak dilakukan dan menjadi tren di sosial media. Staycation sendiri berasal dari kata “stay” dan “vacation”. 

Jadi, staycation bisa diartikan sebagai liburan dengan hanya tinggal di rumah atau penginapan di daerah yang dekat dengan tempat tinggal kita. 

Staycation mulai menjadi alternatif bagi kita yang ingin tetap liburan, tapi hanya mempunyai sedikit waktu libur dan budget yang minim, karena Staycation ini bisa saja dilakukan hanya dalam waktu satu hari saja. Apalagi, jika kita memilih tempat yang dekat dengan tempat tinggal, maka akan sangat memudahkan dan menghemat waktu. Bagaimana reader? Tertarik? 😊 Kira-kira, bagaimana cara agar staycation yang kita lakukan bisa menyenangkan?

Ini Dia, 5 Tips Melakukan Staycation

Berikut adalah cara yang biasanya dilakukan saat Staycation:

1. Me Time atau Qtime Bersama Family

tips melakukan staycation
Manfaatkan Momen untuk Quality Time bersama Family! | via: Iirishfamilyhistorycentre.com

Liburan diperlukan untuk merefresh pikiran kita yang mungkin jenuh dengan pekerjaan, atau permasalahan hidup. So, memanfaatkan waktu libur dengan sekadar me time atau bersama keluarga tak jadi masalah. Jika memilih me time, menurut aku yang harus dilakukan adalah melakukan kegiatan yang kita suka dan tidak membuat bosan. 

2. Lakukan Berbagai Kegiatan Menyenangkan

Untuk melakukan Staycation yang dilakukan dalam waktu singkat harus direncanakan ya, biar berkualitas dan tujuan refreshing-nya tercapai. Bisa dengan mencari event seru di sekitar tempat Staycation, atau merancang kegiatan memanjakan diri seperti spa, berenang, berbelanja di mall, dan sebagainya. Jika berlibur tidak sendiri dan bersama teman, maka bisa merencanakan permainan seru, memasak bareng sambil kuliner bareng atau bisa ngobrol sampai puas. 😊

3. Pilih Lokasi yang Tenang dan Nyaman

tips melakukan staycation
Usahakan Memilih Tempat yang Tenang dan Nyaman! | via: Wearereside.com

Lokasi yang kita pilih sebagai tempat Staycation juga jadi pertimbangan tips melakukan staycation. Jangan sampai tempat Staycation yang kita pilih malah menambah sumpek pikiran dan stress kita ya. Caranya, pilih tempat yang tenang dan nyaman yang bisa memanjakan diri kita sejenak saja. Bisa lokasi yang dekat dengan rumah atau yang jauh dari rumah. Bisa menginap di hotel, villa, atau apartemen, silahkan saja sesuai selera. Minta rekomendasi dari teman atau kerabat juga ya. 😊

4. Kurangi Penggunaan Gadget

Gadget seringkali begitu menarik untuk dipegang ya. Buka WhatsApp, media sosial, email dan lain sebagainya, yang kadang menambah pikiran kita menjadi semakin ruwet. Jika ingin liburan yang nyaman, menurut aku kita harus mengurangi penggunaan gadget ya. 

Komitmen ini perlu dimantapkan agar Staycation yang dilakukan dalam waktu singkat itu benar-benar berkualitas. Biarkan waktu kita manfaatkan untuk kegiatan yang menyenangkan, suasana liburan tanpa perlu menggunakan gadget. 

Jika khawatir ada hal penting dari kantor, maka bisa dong menginformasikan kepada rekan kerja bahwa beberapa waktu tertentu tidak akan membuka gadget. Simple kan? 😊 Dan kita bisa menikmati waktu liburan yang menyenangkan. Lupakan pekerjaan sejenak dan mulailah refresh otak dan pikiran.

5. Lakukan Hobi yang Disukai

tips melakukan staycation
Don’t Forfet to do your Hobby! | via: Lifehack.org

Pekerjaan yang monoton dan jadwal yang padat, seringkali membuat kita tidak sempat melakukan hobi yang kita senangi, right? That’s why, Staycation inilah saatnya melakukan hobi-hobi terpendam yang tidak sempat dilakukan saat bekerja. Apapun yang menjadi hobi, nonton tv seharian, masak, menulis, nonton film atau membuat konten video, dan lain sebagainya. Lakukan saja yang kita suka, karena kita pantas mendapatkan liburan yang berkualitas. 😊

Itu dia 5 tips melakukan staycation yang bisa Kamu lakukan untuk refresh pikiran. Staycation ini memang penting sekali untuk Kamu lakukan setelah lelah bekerja berhari-hari, bahkan berbulan-bulan. Pastikan Kamu merencanakan staycation dengan baik ya. Dengan begitu, maka liburan singkatmu kali ini bisa benar-benar bikin badan dan pikiran fresh kembali. 😊

Post a Comment