Logo Urmilamile.com
Top
Cara restore wordpress

Tips dan Trik Mudah Cara Restore WordPress

Ketika website terserang oleh malware, satu-satunya cara yang bisa kamu lakukan untuk mengaktifkan kembali situs tersebut adalah dengan cara restore WordPress. Namun cara ini hanya bisa dilakukan apabila pemilik situs punya file backup atau simpanan data cadangan. Beberapa dari kamu mungkin juga sudah pernah dengar tentang WordPress yang rawan terserang malware, hacker, dan bentuk peretasan atau penghapusan data lainnya. 

Sama seperti pembahasan sebelumnya tentang cara backup postingan WordPress, cara restore WordPress ini sangat perlu dilakukan ketika terdapat postingan maupun file dalam website-mu yang hilang, entah itu berbagai macam penyebabnya, bisa saja karena malware maupun ada yang sengaja menghapus file tersebut dari website milikmu.

Sebab tingkat keamanan situs yang dibuat di WordPress berbeda satu sama lainnya. Sehingga tidak bisa menjamin semua website di WordPress aman dan tidak bisa pula mengatakan bahwa WordPress adalah CMS yang aman. Tapi sebagai langkah persiapan, ada baiknya kamu tahu cara restore postingan di WordPress untuk mengembalikan semua konten baik artikel, komen, backlink, dan lainnya.

Bagaimana Cara Restore WordPress?

Ada restore file backup WordPress yang bisa kamu lakukan. Tetapi dalam panduan kali ini, kita akan melakukan restore data melalui Backup Database MySQL. Meskipun tidak seluruhnya akan kembali, tapi cara ini bisa mengembalikan data penting dari website kamu semaksimal mungkin. Dan kamu perlu menyiapkan 2 hal sebelum memulai, yaitu :

  • Backup database MySQL
  • Akses ke cPanel hosting yang digunakan

1. Melakukan Import Backup Database

cara restore wordpress
[Photo by lynda.com]

Langkah pertama, kamu perlu membuat database MySQL baru untuk mengimport file backup dari web sebelumnya. Caranya, masuk dulu ke halaman cPanel dari akun hosting yang kamu gunakan kemudian masuk ke menu Database MySQL.

Buat database MySQL yang baru dari sana, kemudian masuk ke database baru melalui menu phpMyAdmin. Pilih file database yang sudah kamu buat sebelumnya, kemudian import dengan backup database dari situs yang lama. Caranya dengan klik Import, kemudian Choose File dan pilih file berformat .SQL, lalu set format ke SQL dan klik tombol Go. Jangan lupa catat nama database, username, password, serta Table Prefix untuk masukan di langkah selanjutnya.

2. Restore Data WordPress

cara restore wordpress
[Photo by Gegeriyadi.com]

Karena kamu sudah punya database mySQL, berikutnya kamu tinggal menginstall WordPress seperti biasa saja. Masukan nama database, username, password dan Table Prefix sesuai dengan yang kamu catat di langkah pertama. Jika sudah benar, maka proses instalasi akan berhasil.

3. Install Ulang theme dan Plugin

Sampai langkah ini, semua database seperti konten dan setting website kamu sebenarnya sudah kembali. Tapi ketika diakses, situs masih menggunakan theme bawaan serta tidak ada plugin sama sekali.

Jadi silahkan kamu install kembali theme serta semua plugin yang kamu gunakan pada website sebelumnya ke database yang baru ini. Bila kamu lupa plugin apa saja yang pernah dipasang, kamu bisa lihat daftar namanya di halaman Plugin kemudian liat list plugin yang error.

4. Memperbaiki Permalinks

[Phpto by Domainesia.com]

Untuk permalinks, kamu bisa memperbaikinya di menu Setting kemudian Permalinks. Pilih saja kolom Custom Structure dan buat sendiri link seperti yang digunakan di situs sebelumnya. Jika sudah, klik Save Changes dan cek dengan mengunjungi link tersebut.

5. Mengembalikan Gambar Yang Hilang

Nah, langkah terakhir dalam cara restore WordPress ini adalah langkah yang paling memakan waktu. Sebab umumnya, gambar yang ada pada situs tidak tersimpan di database MySQL. Jadi satu-satunya cara adalah dengan mengunggah ulang semua konten gambar dari awal.

Sampai sini sebenarnya langkah-langkah cara restore WordPress sudah selesai. Tetapi kamu bisa melakukan tambahan dengan memeriksa link yang rusak di dalam website dengan plugin Broken Link Checker

Yang perlu diingat, bahwa postingan ini ditujukan untuk kamu yang memakai platform WordPress. Bagi yang pakai platform blogspot atau blogger.com dan ingin migrasi ke WordPress, baca dulu postingan tentang cara migrasi dari blogger ke WordPress yang sudah Mila terbitkan di postingan sebelumnya. Jangan lupa praktekkan dan semoga postingan ini bermanfaat untuk semua!

Comments

  • helokepo
    January 7, 2021

    Dulu saya juga biasanya begitu pas masih pakai hosting dengan cpanel, tapi kelemahannya kadang kalau databases terlalu besar suka gagal pas restore.

    Akhirnya pakai plugin updraftplus, lebih simpel karena bisa langsung ambil semua data dari web baik database, plugin, theme dan file gambarnya

Post a Comment