Hi readers, kali ini aku mau bahas tentang seberapa pentingnya sih Dry Box Kamera? Nah, buat kalian yang pengen kamera atau lensa-nya jauh dari jamur .. Dry Box ini bisa menjadi salah satu opsi untuk kalian menjaga dan merawat kamera atau lensa kalian 😉

Dry box bisa disesuaikan dengan dimensi kamera atau lensa yang akan kalian simpan, sudah banyak online shop kok yang menjual dry box sekaligus si pengecek suhu (Hygrometer) box agar memastikan dry box ini benar benar kering dan jauh dari jamur-jamur laknat atau kalian bisa juga membuat DIY Dry Box sesuai dengan yang kalian mau!

Kalau aku sih, lebih baik beli. Hehehehe

Tips kamera bebas dari jamur:

  1. Siapkan Dry Box
  2. Buka dry box, masukan atau simpan kamera/lensa kalia ke dalam box, pastikan kamera kalian tidak basah atau ada sisa keringat, dan lepas baterai kamera
  3. Masukkan silica gel ke dalam box secukupnya (kalau aku sih lebih pilih sebanyak banyak nya)
  4. Tutup box, pastikan box sudah ditutup secara benar.

Fyi, nilai presentase hygrometer akan menyesuaikan kadar kelembapan yang ada di dalam box secara perlahan. Silica gel dapat dipakai kembali / re use jika dijemur matahari seharian. Nilai kelembapan yang ada di box seharusnya berada dibawah 60%, jika masih diatas 60 sangat disarankan untuk menambahkan silica gel ke dalam dry box.

Menurutku, itu saja yang bisa aku berikan di artikel kali ini. Semoga ini membantu kalian yang ingin merawat kamera atau lensa kalian! Have a good days!