Kamu suka berbelanja online shop? Pernah mengikuti harbolnas? Sayang banget kalau kamu belum ikut berpartisipasinya karena ada banyak promo melimpah yang bisa kamu manfaatkan agar lebih menghemat pengeluaran kamu.

Hari Belanja Online Nasional atau harbolnas adalah pesta promo dan diskon terbesar yang diselenggarakan oleh e-commerce Indonesia setiap tahun. Di tahun 2018, kegiatan ini sudah memasuki tahun ke 6 nya. Bermula di tahun 2012 yang saat itu masih diikuti hanya beberapa perusahaan toko online saja, ternyata membawa respon positif dari masyarakat.

Sukses di tahun 2012, di tahun berikutnya yaitu 2013, sebanyak 22 perusahaan e-commerce di Indonesia yang bersedia memeriahkan cyber sale terbesar dan antusias masyarakat pun semakin bertambah jumlahnya. Di tahun 2014, jumlah toko online yang berpartisipasi sebanyak 78 dan lama kelamaan menjadi 140 online shop saat tahun 2015, 200 olshop di tahun 2016, dan yang terakhir tahun 2017 sebanyak lebih dari 200 e-commerce.

Setelah harbolnas sukses diselenggarakan selama 5 kali berturut-turut, di tahun 2018 ini pesta belanja online terbesar tersebut akan kembali digelar. Tepat di tanggal 12 Desember 2018 nanti, kamu harus bersiap-siap membuka website https://shopee.co.id/ karena jangan sampai kamu melewatkan kesempatan promo akhir tahun yang sangat berlimpah.

Shopee menjadi salah satu toko online di Indonesia yang ikut serta memanjakan belanja online masyarakat selama 5 kali berturut-turut. Tidak ketinggalan di akhir tahun nanti mereka ikut menawarkan beragam promo dan diskon menarik yang siap kamu buru. Sekaligus merayakan ulang tahunnya yang ke 6, harbolnas Shopee juga akan dimeriahkan oleh promo Shopee Birthday.

Selama beberapa bulan terakhir, Shopee sudah mengajak pelanggan setianya untuk ikut berpartisipasi dalam game-game yang memberikan banyak hadiah menarik ditambah bonus-bonus menarik yang bisa kamu pakai saat sedang harbolnas berlangsung. Misalkan seperti kuis, Shopee Shake, dan lainnya.

Kalau kamu masih melewatkannya, jangan khawatir karena kamu masih bisa mengikuti promo besar akhir tahun “12. 12 Birthday Sale Shopee Indonesia” sampai pada tanggal 12 Desember 2018 ini.

Karena nanti akan ada penawaran potongan harga, promo, dan cashback yang menarik, kamu harus lebih pintar dalam menyeleksi barang yang mau kamu beli agar kamu tidak kebablasan. Bagi penggemar belanja, pasti tidak gampang melewatkan 1 barang pun untuk dibeli. Tapi kamu harus ingat, kalau kamu kebablasan, uang tabungan bulanan kamu akan cepat ludes dan bisa membuat kamu pusing nanti.

Karena itu, ikuti beberapa trik di sini yang membantu kamu tidak menjadi kalap mata.

1. Menentukan barang yang mau dibeli
Sebelum ikut harbolnas, sebaiknya kamu menentukan dulu barang apa yang kamu mau beli. Jangan saat sudah mulai Hari Belanja Online Nasional, kamu tiba-tiba langsung membeli produk apa saja yang murah meriah. Kamu yang sudah kebablasan nanti akan pusing sendiri dan menyesal.

Daripada kamu nanti menyesal, sebaiknya kamu tentukan produk-produk apa yang mau dibeli.Bisa juga kamu membuat daftar belanjanya agar kamu tidak lupa atau kalap saat sedang mencari barang-barangnya karena terlanjur melihat harganya yang murah-murah.

2. Cek kualitas toko
Semua pengguna olshop seperti Shopee harus mengecek kualitas toko-toko yang ikut ambil bagian dari promo Shopee Birthday agar tidak tertipu setelah membelinya. Cari tahu dulu bagaimana review, rating, dan komentar-komentar yang diterima toko tersebut.

Kamu harus pilih toko yang mendapatkan banyak respon positif yang menandakan toko tersebut sudah sangat dipercaya dan aman. Kalau bisa, kamu juga harus pilih yang penjualnya selalu memberikan balasan yang cepat.

3. Pakai promo harbolnas yang bisa digabungkan dengan promo bank
Semua bank yang menjadi partner market place di harbolnas pasti juga turut memberikan penawaran melimpah yang bisa kamu pakai. Saat membeli suatu barang, usahakan kamu mencari produknya yang promo harbolnas dan promo bank bisa digabungkan agar kamu bisa semakin menghemat biaya transaksinya.

Natal dan tahun baru akan semakin menyenangkan dengan memakai produk-produk yang kamu beli di promo akhir tahun Shopee. Maka itu, belanja puaslah selama harbolnas berlangsung dan dapatkan kesenangan kamu.