Logo Urmilamile.com
Top
manfaat kunir asem

Manfaat Kunir Asem: Aturan Minum Dan Efek Samping

Hai readers, seperti yang kita tahu minuman jamu memang sangat dekat dengan masyarakat Indonesia. Salah satu jenis jamu yang paling populer adalah kunir asem. Sejak jaman dulu, kunir asem ini sudah jadi elemen minuman yang dibuat menjadi jamu dan tak terpisahkan bagi masyarakat Indonesia. Manfaat kunir asem juga dikenal sangat baik untuk kesehatan tubuh. 

5 Manfaat Kunir Asem Bagi Kesehatan Tubuh 

manfaat kunir asem
(Photo by: Foodmatters.com)

Komposisi utama dari kunir asem  adalah kunyit yang ditambahkan asem jawa. Khasiatnya sangat banyak sekali. Orang dari  luar negeri, merekomendasikan kunyit sebagai obat alami karena mengandung zat curcumin di dalamnya, hebat ya.  Lalu, apa saja manfaat kunir asem, simak ulasan berikut ini :

1. Mengatur Gula Darah dan Mencegah Resiko Diabetes

Manfaat pertama dari kunir asem adalah untuk gula darah. Penderita diabetes harus mengatur kadar gula darah dalam tubuh mereka. Jamu kunyit asam sangat baik bagi penderita diabetes.  Curcumin dalam kunyit juga sangat khasiat untuk mencegah risiko kanker. Curcumin ini memiliki peran sebagai antioksidan dan anti-peradangan yang  dapat mengurangi risiko sel tubuh yang mengalami kerusakan akibat mutasi sel dan kanker. 

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh 

Minum kunir asem dapat meningkatkan daya tahan tubuh karena kandungan antioksidan, anti-peradangan, dan anti bakteri di dalamnya. Curcumin dalam jamu kunyit asam sangat bermanfaat sebagai modulator bagi kekebalan tubuh yang mampu  melawan kanker. Minumlah secara teratur.

3. Menekan Resiko Komplikasi Jantung dan Meningkatkan Fungsi Otak 

Kunir asem juga sangat baik untuk kesehatan jantung, karena kunir asem memiliki fungsi sebagai antioksidan dan anti-peradangan. Curcumin sangat bermanfaat bagi penderita sakit jantung. Kemudian, fungsi otak yang menurun bisa mengakibatkan masalah seperti depresi atau Alzheimer. Kamu tahu nggak, jamu kunir asam yang mengandung curcumin bisa meningkatkan fungsi brain-derived neurotrophic factor (BDNF) sehingga fungsi otak meningkat dan tidak rentan terhadap terkena penyakit otak. 

4. Meredakan Nyeri Haid 

Kunir asem terkenal sebagai obat pelancar haid. Namun selain itu manfaat kunir asem juga dapat meredakan nyeri akibat “tamu bulanan” ini. Kandungan curcumin dalam jamu kunyit asam mampu  mengurangi produksi hormon pemicu peradangan dan rasa nyeri yaitu prostaglandin. Minuman yang mengandung asam jawa dalam jamu kunir asam dapat berpengaruh terhadap sistem saraf dan juga otak. Dengan begitu, otak bisa mengirim sinyal ke tubuh agar kontraksi rahim bisa mereda dan nyeri haid berkurang. 

5. Menurunkan Berat Badan 

Buat kamu yang ingin mencapai berat badan ideal, jamu kunyit asam bisa jadi alternatif minuman yang sangat menyehatkan. Kunir asem mampu mengontrol gula darah dan juga mengurangi respon peradangan pada sel tubuh. 

Aturan Minum Kunir Asem dan Efek Sampingnya 

manfaat kunir asem
(Photo by: Health.grid.id)

Readers, jamu kunir asam sebaiknya diminum sebelum makan, namun bila jamu tersebut dapat merangsang lambung yang sensitif, diminum setelah makan juga tidak apa-apa. Sebaiknya dalam 1 hari cukup minum sebanyak 1 gelas saja.

Jika minum kunir asem secara berlebihan memang tidak baik, jadi sebaiknya cukup 1 gelas dalam sehari. Ada efek samping yang didapat jika kamu minum kunir asam melebihi dosisnya lho, yaitu adalah gangguan pencernaan di perut yang bisa terjadi pada beberapa orang seperti mulas, mual,dan gas. Kunyit dapat merangsang lambung untuk lebih banyak menghasilkan asam. Jika kamu mengkonsumsi berlebihan bisa mengakibatkan maag.

Nah itulah beberapa manfaat kunir asem yang baik untuk kesehatan tubuh. Kalau aku selalu rutin minum jamu kunir asem ini setiap mau datang bulan. Bagaimana dengan kamu, apakah jadi ingin rutin minum kunir asem setelah membaca banyak manfaatnya. Semoga artikel ini bermanfaat ☺

Post a Comment