Hi readers ku yang aku cinta dan aku kasihi, Selamat Lebaran dan Minal Aidin Walfa Idzin yaaa 😉  Kali ini aku mau share dan bagi bagi tentang pengalaman aku ngopi di Filosofi Kopi untuk pertama kalinya .. (Kudet banget ga sih? GAPAPA lah ya)
Nah buat yang gatau Filosopi Kopi itu apa, bisa di simak sepenuhnya dibawah ini .. lanjut baca ya~

Filosofi Kopi itu awalnya adalah sebuah buku fiksi karangan dari cewe gemash yang bernama Dewi Lestari aka Dee. (well siapa sih yang kenal? udah femes gitu)

Yang kemudian buku fiksinya itu dijadikan film, yaitu Filosofi Kopi

Yang pada akhirnya kedai yang awalnya hanya adai di film itu dijadikan nyata tokonya 😉

Kurang lebih seperti itu lah asal muasal Filosofi Kopi .. Dan sekarang kedainya sudah ada di Jakarta dan di Jogja, berhubung aku di jakarta .. jadi aku nyobain Filosofi Kopi yang ada di Jakarta dongs, sebenernya aku udah lama penasaran sama si kedai kopi satu ini karena saking hitz dan terkenal gitu.. tapi emang belum waktunya aja kali ya, sampai beberapa hari yang lalu aku diajak meet up sama temenku ruby tuk ketemuan dan ngopi ngopi manja di Filsof.

Filosofi Kopi - Barista yang ada di Filosofi Kopi

Barista nya ramah-ramah dan kece-kece 😀

Filosofi Kopi ini berada di daerah melawai Jakarta Selatan yang tempatnya berada di antara Plaza Blok M dan Blok M Square. Bertempat di deretan ruko yang ada di depan Blok M Square, sebelah Circle Key yang di pinggir dan depan kedainya itu banyak club-club jepan yang konon sudah Hitz juga.

Aku gatau apa alasan mereka buka kedai kopi di daerah itu tapi it’s a good choice karena dekat dengan terminal blok m dan pusat perbelanjaan, so pasti banyak yang mampir.. tips buat yang mau ke Filosofi Kopi Melawai >> Masuk lewat pintu masuk yang mau ke blok m square, samping terminal blok m atau yg naik kendaraan umum bisa berenti di depan apotek kimia farma yang ada di sebrang Plaza Blok M jalan kaki deh kesananya 😉 ga terlalu jauh kok.

Kesan pertama waktu aku sampe ke kedai Filosofi Kopi : GELSSSS RAME BANGET!!!!!!
banyak banget yang kesana untuk ngopi-ngopi sampe penuh ke luar.. bahkan ada yang melipir duduk di sebelahnya (circle key)

karena ga kebagian tempat duduk, awalnya aku sama temen aku udah pasrah.. yaudah lah kita di circle key aja, terus kopinya di take away aja. but Violaaa ~ waktu kita masuk dan pesen kopi nya, eh ada satu bangku kosong yang ada di depan kasir.. jadi kita duduk disitu berdua (ciee berdua. cieeeeeee) sampai akhirnya nemu satu bangku lagi yang kosong dan mutusin buat duduk disana..

Ben dan Jodi di Filosofi Kopi

Nah siapa yang gatau dua sosok ini? kalau belum, kenalan dulu deh 😀

Selain jual aneka kopi dan makanan yang bisa dimakan ditempat, filosofi kopi juga jualan kopi bubuk yang bisa kamu beli tuk ngopi-ngopi di rumah dan kaos hitz yang bikin kamu makin hitz. Untuk harganya aku belum cek dan kepo-kepo karena kebetulan aku ga liat juga 😀 hehehe

Deretan Kaos yang ada di Filosofi Kopi

Waktu masuk ke dalam kedai Filosofi Kopi, kamu bakal liat interior dan deretan kaos yang dijual sama Filosofi Kopi dan kaos itu ada hasil dari kolaborasi sama desainer juga 😉

Nah, Kopi apa sih yang kita pesen? sebelum pesen aku tanya tanya dulu ke barista kece nya, kopi apa yang hitz aka best seller dari Filosofi Kopi .. baristanya langsung bilang KOPI TIWUS, tanpa pikir panjang kita langsung pilih kopi itu sesuai dengan rekomendasi baristanya dan pilih V60 untuk penyajiannya (HAHAHAHA, kalo ngopi wajib banget buat V60 biar banyak air kopinya) harganya sekitar 25ribuan untuk yang panas dan 30ribuan untuk yang dingin.

Filosofi Kopi - Kopi Tiwus itu Arabica Coffee

Kopi Tiwus termasuk house blend. Berasal dari perkebunan kopi di daerah Malabar, Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Berhubung aku sama ruby sama sama suka kopi jadi kita udah nyobain berbagai kopi dan kita udah punya pegangan sendiri kopi yang kita suka, kalo aku gayo sedangkan ruby itu bejawa. Well, setiap orang punya karakteristik rasa yang dia suka! kalo kamu sukanya kopi apa?? and please, NO SUGAR!

Review Kopi Tiwus.

untuk karakteristik rasa menurut aku, cukup strong, ga terlalu asam, tapi kaya ada yang beda. rasanya itu ga bakal hilang meski udah di tenggorokan.

Filosofi Kopi - Kopi Tiwus

Kopi tiwus memiliki rasa yang sempurna dan ada cerita serta filosofi yang menarik dari kopi tersebut

Waktu aku dapetin kopinya, aku langsung teguk kopi nya sampai habis dan ngerasa kopinya sama aja ah sama yang lain, biasa aja gitu. ga se WAH kaya orang lain bilang.. dan ruby langsung nyeletuk, ini kok kopinya aneh ya, robusta kali ya? tapi katanya arabica .. alhasil aku nyuruh ruby tuk yaudah tanya aja gih ke yg buat dan dia pun nanya, dan ka bombom aka baristanya langsung nyamperin dan nyicip kopi yang kita minum (dia pun merasakan hal yang beda juga)

aku gatau deh ya apa yang mereka omongin, karena aku orang nya minum-minum aja.. dan terbukti di saat ruby galau dan bimbang karena robusta apa arabica, gelas kopi aku udah kosong :p haha

Filosofi Kopi - Lebih suka racikan yang terakhir

Nah karena kita ngerasa kopinya berasa aneh, ujungnya kita dikasih segelas kopi lagi sama kaka baristanya (ka bombom dan kaka rambut sunsilk)

Dari 3 gelas kopi yang dikasih ke kita, aku paling suka sama yang gelas kecil, karena rasanya lebih strong dibanding yang pertama, untuk gelas yang kedua itu lebih light dan ini bukan aku banget 😀

Oiya selain ngerasain 3 cangkir yang memiliki rasa plus karakteristik berbeda, aku dan ruby di jelasin juga sama ka bombom tentang si kopi tiwus ini .. mulai kok bisa sih milih tiwus, kok begini, kok begitu.. dan ternyata di film dan di bukunya pun kopi tiwus ini yang di bahas 😀 lebih detailnya bisa nonton lagi filmnya dan ngopi langsung di kedai Filosofi Kopi yang ada di melawai ataupun di jogja!

Menurut aku, kopi tiwus ini wajib banget dicobain .. kali aja cocok sama lidah kalian dan jatuh cinta sama kopinya 😉 rate rasa kopinya 4/5 lah 😀

oiya untuk interiornya cukup bagus meski terkesan padat tapi masih enak dipandang, dan buat kalian yang mau kesini silahkan datang di jam yang ga terlalu padat. entah itu jam berapa, dan katanya kalau beruntung kalian bisa ketemu pemeran Jody dan Ben yang kece itu loh :p
Dan kayanya udah itu aja dari aku, selamat melipir ke Filosofi Kopi man temannnn ~