Logo Urmilamile.com
Top
refund tiket kereta

Tutorial Refund Tiket Kereta Darurat Covid-19

Hai Readers! Jika kamu sudah terlanjur memesan tiket, namun harus melakukan refund tiket kereta karena darurat Covid-19, kamu bisa langsung datang ke stasiun dengan melampirkan KTP dan bukti pembelian tiket. Namun, bagi kamu yang membeli tiket secara online melalui aplikasi KAI ACCESS, proses pembatalan bisa dilakukan langsung di aplikasinya, tidak perlu langsung datang ke stasiun. Refund online ini tidak berlaku di aplikasi selain KAI ACCESS ya!

Tutorial Refund Tiket Kereta Darurat Covid-19

Inilah tutorial refund tiket kereta yang bisa kamu lakukan secara online dan juga offline. 

1. Refund Tiket Kereta Online

refund tiket kereta
Refund melalui KAI Access | via: Bumn.go.id

Berikut cara refund tiket kereta secara online melalui aplikasi KAI ACCESS:

a. Masuk ke KAI Access

Langkah pertama kamu wajib buka aplikasi KAI Access terlebih dahulu. Kemudian itu masuk ke akun KAI Access kamu.😊

b. Masuk ke menu My Trips

Setelah masuk ke akun kamu, pilih menu My Trips. Pada menu ini, pilih kode booking untuk tiket yang akan kamu refund. Selain itu, tiket yang telah kamu beli melalui situs lain, seperti Traveloka, Tokopedia, gerai Alfamart, Indomaret, Alfamidi, dan lain-lain juga bisa refund melalui aplikasi KAI Access.😍

c. Klik menu E-tiket

Kemudian pilih menu E-tiket, dan klik Pembatalan. Tombol ini hanya dapat kamu pilih jika kode booking telah berstatus LUNAS/PAID dan maksimal 24 jam sebelum waktu keberangkatan kereta.

d. Cari dan Pilih Nama Kamu

Setelah itu kamu cari nama kamu dan pilih untuk melakukan pembatalan tiket kereta api. Kemudian baca halaman syarat dan ketentuan, lalu centang setuju. Kemudian, lanjutkan proses pembatalan tiket dengan cara memasukkan akun bank dengan benar.  Setelah selesai, klik lanjutkan.

e. Konfirmasi Pembatalan Tiket

Setelah berhasil, silahkan konfirmasi pembatalan tiket kereta yang telah kamu pilih. Lalu, klik tombol ‘Konfirmasi dan Lanjutkan’ pada halaman konfirmasi pembatalan. 

2. Refund Tiket Kereta Secara Offline

refund tiket kereta
Melakukan refund secara offline | via: Phinemo.com

Sebelum melakukan refund tiket kereta, berikut persyaratan yang harus kamu penuhi terlebih dahulu:

  • Membawa surat permohonan pembatalan yang dilengkapi nomor rekening kamu untuk pengembalian uang muka.
  • Melampirkan berita acara kesepakatan yang sudah ditandatangani kamu dan KAI.
  • Menyerahkan bukti setor uang muka yang sudah dibayarkan.
  • Jika tiket kamu belum dicetak dan ingin mengubah jadwal. Akan diberi satu kali kesempatan dalam waktu 90 hari dari perjalanan yang dibatalkan. Namun, berlaku bila tempat duduk masih tersedia ya. 

Ini langkah refund tiket kereta api secara offline di stasiun:

a. Mengisi Formulir Pembatalan

refund tiket kereta
Mengisi formulir refund tiket | via: Phrulefendi.wordpress.com

Cara pertama refund tiket secara offline adalah dengan mendatangi loket pembatalan tiket. Di tahap ini, Kamu akan diminta untuk mengisi sebuah formulir. Kamu harus mengisikan nama, alamat, nomor telepon, nomor kode booking, dan biaya pengembalian tiket. Pengembalian biaya ini bisa dilakukan melalui dua cara yaitu transfer bank atau tunai. 😊

b. Menyerahkan Formulir Pembatalan ke Loket

Setelah kamu mengisi formulir pembatalan secara lengkap, kamu dapat langsung masuk ke ruangan loket pembatalan dan informasikan pembatalan tiket kepada customer service yang bertugas untuk langsung di data administrasinya.

c. Refund Tiket

Refund biaya tiket dilakukan di stasiun yang telah ditunjuk dengan membawa formulir pembatalan yang divalidasi dan menunjukkan identitas asli kamu. Biaya refund akan ditransfer setelah hari ke-30. Jika formulir pembatalan hilang, kamu wajib membawa surat kehilangan dari kepolisian.

Dengan kondisi seperti ini, akan sangat dianjurkan bagi kamu untuk menahan keinginan bepergian kemanapun terlebih dahulu. Jadi, segera lakukan refund tiket kereta yang sudah terlanjur kamu beli ya readers. Stay safe and stay healthy! 😊

Comments

  • Kania Safitri
    April 28, 2020

    Terima kasih atas tulisannya kak aku jadi tau bagaimana cara refund tiket kereta. Prosedurnya disini sangat detail dan jelas.

  • Gita Siwi
    April 29, 2020

    Sikon gini ternyata refund tiket kereta dimudahkan ya mba. Maklum kalau teman teman pasti sebelumnya udah ada yang punya rencana ke kota abc dsb. Makasih bermanfaat jadi tahu step by stepnya

  • unggulcenter
    April 30, 2020

    Simpel ya sepertinya. tinggal nunggu hasilnya nih, mudah-mudahan semua bisa dpat refund yaa namanya force majeure!

  • Visya Al Biruni
    May 1, 2020

    Aku juga pernah nih refund. Waktu itu kirian harus offline ternyata boss online alhamdulillah nsislnya jauh dari sini ke Stasiun hehe. Tapi utk Covid 19 memang refund nya sama juga ya 75%?

  • BayuFitri
    May 2, 2020

    nah kebetulan nih ponakan sy yg ga jadi mudik tapi terlanjur beli tiket kereta bingung mau refund tiket nya sy share ya kak tulisannya mksh

  • idfi pancani
    May 3, 2020

    eh ini berfaedah banget loh. Info refund tiket kereta secara online pasti lago dicari banget. Karena aku yakin banyak yang harus membatalkan jadwal pulang kampung gegara pandemi.

    Aku minta ijin share ya kakakkkk.

  • Nunik Utami
    May 5, 2020

    Asiiik dapat ilmu lagi, nih. Pernah sih, ngerefund tiket KAI tapi temen yang lakuin. Akunya blom pernah

Post a Comment