logo
Top
Image Alt

Urmilamile's World

  /  Lifestyle   /  Tata Cara Nonton Bioskop
tata cara nonton bioskop

Tata Cara Nonton Bioskop

Hai readers!~ kali ini aku mau sharing tentang tata cara nonton bioskop. Siapa nih yang belum pernah nonton film di gedung bioskop? Pasti penasaran kan, gimana sih rasanya nonton film di bioskop dengan layar yang super lebar? 

Nah, kalian tau nggak? Ternyata, bioskop itu diambil dari bahasa Belanda, yaitu bioscoop. Artinya, tempat untuk menonton film yang diproyeksikan ke layar lebar dan tersedia di dalam studio. 

Jadi, bioskop bisa diartikan sebagai sebuah studio yang berfungsi untuk melihat film 

Karena terdapat lebih dari satu pilihan teater, bioskop sering juga disebut dengan Cineplex. Tempat duduk diposisikan seperti anak tangga untuk memastikan penonton yang duduk di barisan atas dapat menikmati film tanpa terhalangi oleh penonton di barisan bawah.

Untuk posisi tempat duduk sendiri, aku menyarankan untuk memilih barisan di bagian tengah karena tidak terlalu dekat dan tidak terlalu jauh dari layar. Posisi ini sangat pas untuk menikmati keseluruhan isi film yang sedang ditayangkan. So, you gonna get a better view to watch the movie 😊

Ini Dia, Tata Cara Nonton Bioskop

Nonton film di bioskop memang asyik banget. Kamu wajib banget untuk mencobanya. Apalagi jika ada aktor atau aktris favorit yang membintangi sebuah film terbaru. Jangan bingung gimana tata cara nonton bioskop, ikut saja langkah-langkah ini ya:

1. Perhatikan Jadwal Tayang Film yang Ingin Ditonton

tata cara nonton bioskop
Jangan lupa untuk selalu cek jadwal nonton kalian yah! | via: Hotdeals360.com

Kamu bisa melihat jam tayang film melalui website resmi bioskop atau dengan langsung datang ke tempat bioskop kesayangan. Biasanya, pihak bioskop memasang billboard kecil-kecilan dengan tanda di atasnya showtime yang berarti film yang diputar untuk hari ini. Pada layar televisi yang terpasang di bioskop, terlihat waktu dan studio mana yang akan menayangkan film tersebut. 

2. Pilih Waktu yang Sesuai 

Pemilihan waktu nonton memang sangat penting, karena ini akan berkaitan dengan waktu pulang setelah Kamu selesai nonton bioskop. Satu film ditawarkan dengan pilihan jam yang beragam, mulai dari jam 8 pagi hingga jam 11 malam. Kamu juga perlu menyesuaikan durasi film yang akan ditonton. Durasi film berbeda-beda, mulai dari 1 jam sampai yang paling lama, yaitu 3 jam. Atur saja jadwal kosongmu dengan waktu tayang film tersebut.

3. Pastikan Kategori Film yang Dipesan

tata cara nonton bioskop
Sesuaikan kategori film yang ingin kalian lihat | via: Legalzoom.com

Kategori setiap film tentu berbeda. Ada yang diperuntukkan untuk semua usia dengan lambang SU, remaja dengan tanda R atau 17+, serta dewasa dengan lambang huruf D atau 18+. Kategori diberikan untuk menghindari penayangan film yang tidak sesuai dengan usia penonton. 

Untuk penonton yang ingin menonton kategori dewasa, biasanya pihak bioskop atau loket tiket meminta tanda bukti identitas calon penonton sebelum memperbolehkan mereka membeli tiket untuk film tersebut. 

Film yang bisa Kamu tonton juga bukan hanya buatan Indonesia saja, banyak juga judul film yang berasal dari negara lain, seperti Amerika, Korea selatan, India, dan negara lainnya. 

4. Lakukan Antre di Loket Pembelian Tiket

Saat mengantri, budayakan jangan menyela atau mendahului barisan antrian yang ada. Karena, perilaku seperti itu termasuk kedalam perilaku tidak terpuji. Sebagai penonton yang baik, pastikan Kamu antri sesuai urutan kedatangan ya. Terburu-buru karena takut kehabisan tiket? Pesan melalui online saja, lalu print tiket melalui mesin ticket selfie yang tersedia di area pintu masuk bioskop.😊

5. Perhatikan Peraturan yang Ada di Bioskop 

tata cara nonton bioskop
Dan jangan lupa juga taati peraturan yang ada di bioskop ya! | via: Atheer.om

Peraturan yang disampaikan kepada para penonton bioskop, diantaranya dilarang membawa makanan dan minuman dari luar, wajib mematikan handphone atau memasang mode silent saat film ditayangkan, dilarang merekam selama film diputar, serta tidak diperbolehkan membawa binatang maupun benda tajam yang dapat meresahkan atau membahayakan penonton yang lain. Setiap bioskop tentu memiliki kebijakan bagi penonton yang melanggar peraturan.

Itu dia beberapa tata cara nonton bioskop yang bisa aku bagikan ke kalian semua.. Gampang banget kan? 😊 Biar nggak penasaran lagi gimana rasanya nonton film di layar lebar, Kamu bisa atur jadwal sekarang juga untuk nonton film favorit di bioskop. Biar makin seru, Kamu juga bisa ajak teman atau keluarga untuk nonton bersama.

Post a Comment