logo
Top
Image Alt

Urmilamile's World

  /  Sharing   /  Tips Menulis Surat Cinta
tips menulis surat cinta

Tips Menulis Surat Cinta

Hai readers! kali ini aku mau sharing tentang tips menulis surat cinta. Ngomongin surat cinta, kayaknya hampir semua orang sudah tahu apa itu surat cinta. Di era yang sudah serba canggih ini, rasanya menulis surat cinta justru menjadi sesuatu yang aneh untuk dilakukan. Namun, jika ditulis dengan cara yang tepat, surat cinta bisa jadi senjata ampuh untuk membuat orang yang terkasih jadi berbunga – bunga hatinya! 😍

Belum pernah nulis surat cinta? Pasti bingung kan mau menulis apa dan bagaimana? Tenang saja, aku punya tips buat Kamu yang mau menyatakan cinta dengan cara yang anti mainstream. Penasaran? Simak ulasannya berikut ya!

Tips Menulis Surat Cinta Agar Si Dia Berbunga-Bunga

Surat cinta atau love letter seringkali dipakai untuk menyatakan cinta pada seseorang yang selama ini kita suka. Mengungkapkan rasa cinta pada seseorang, terkadang sulit sekali diucapkan secara langsung. Nah, melalui surat cinta inilah Kamu bisa bebas mengekspresikan rasa cintamu pada dia. 😊

1. Hilangkan Rasa Takut

tips menulis surat cinta
Jangan Takut untuk Memulai Menulis | via: Psicopedagogiacuritiba.com.br

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah don’t be afraid to write a love letter! Perasaan takut ketika mau mengungkapkan perasaan, memang hal yang biasa terjadi. Nggak mengherankan sih, karena perasaan takut ditolak, takut dianggap norak, takut justru malah dibenci oleh si dia, dan ketakutan-ketakutan lainnya. Banyak orang yang mengalami perasaan seperti ini, bukan cuma kamu saja. 

Tapi, ketakutan-ketakutan itu harus kamu hadapi dan pelan-pelan coba dihilangkan. Karena kalau mengikuti rasa takut, pasti nggak akan ada habisnya. Jadi, kumpulkan keberanian dan lawan rasa takut itu pelan-pelan, serta jangan lupa untuk selalu berpikiran positif.

2. Cari Pokok Bahasan yang Anti Mainstream

Selanjutnya, dalam menulis surat usahakan untuk memilih pokok bahasan yang anti mainstream. Cara ini bertujuan supaya isi suratmu tidak membosankan atau membuat si dia jadi ilfeel. Gunakan pokok bahasan yang menyenangkan dan tidak membosankan. Misalnya, bisa dengan menceritakan pengalaman berharga atau pengalaman lucu yang pernah terjadi di hidupmu. 😊

Selain itu, hindari memujinya secara berlebihan. Buatlah pujian yang memang jujur dan tidak dilebih-lebihkan, karena pujian yang berlebihan justru akan memberi kesan kamu tidak tulus dalam memujinya. Itu sangat berpotensi membuat dia ilfeel! Tentunya kamu nggak mau hal ini terjadi kan? 

3. Gunakan Kata Ganti atau Kata Sapaan yang Berkesan

tips menulis surat cinta
Pakai Kata Sapaan yang Berkesan ya Readers! | via: Eharmony.co.uk

Selain pokok bahasan, kata ganti atau kata sapaan pun juga harus anti mainstream. Sapaan yang mainstream, seperti ‘sayang’ kadang membuatnya tidak terdengar spesial. Pilihlah sapaan yang unik dan sangat menggambarnya dirinya. Namun, tetap perhatikan perasaannya, jangan sampai dia merasa tersinggung karena sapaan yang kamu berikan kepadanya. 

4. Gunakan Pilihan Kata yang Tepat

Satu lagi yang nggak kalah penting adalah pilihan kata. Gunakan pilihan kata yang asyik, nyambung, dan tidak berlebihan. Kalau ingin menggunakan kata-kata puitis atau romantis, gunakan di beberapa bagian yang memang diperlukan saja, jangan digunakan di seluruh bagian surat. Hal itu justru akan memberi kesan yang berlebihan. Salah-salah, bukan kesan romantis yang ditimbulkan, tapi malah kesan alay.

5. Be Yourself!! 

tips menulis surat cinta
Always Be Yourself!! | via: Telerama.fr

Poin yang paling penting dari menulis surat cinta, yaitu menjadi diri sendiri. Maksudnya, ungkapkan apa yang kamu rasakan dengan versimu dan dengan caramu sendiri. Dengan begitu, kamu sudah jujur dengan dirimu sendiri juga dengan dirinya. Jika kamu berusaha menjadi orang lain hanya demi mendapat simpatinya, justru akan memberatkan langkah selanjutnya. 😊

Nah readers, itu adalah beberapa tips menulis surat cinta dari aku yang bisa kamu coba. Meskipun zaman sudah canggih, pilihan mengungkapkan perasaan dengan surat menurut aku masih bisa dipertimbangkan dan layak untuk dicoba. Siapa tahu, surat ini akan memberi kesan yang mendalam bagi dirinya dan cintamu akan diterima olehnya. Semoga tips ini bermanfaat ya, readers! xoxo. 

Post a Comment