logo
Top
Image Alt

Urmilamile's World

  /  Travel   /  Cara Imigrasi ke Luar Negeri
cara imigrasi ke luar negeri

Cara Imigrasi ke Luar Negeri

Hai readers! ketemu lagi nih hehehe, kali ini aku mau sharing tentang cara imigrasi ke luar negeri. Jangan khawatir kalau Kamu belum pernah ke luar negeri dan akan berkunjung ke luar negeri dalam waktu dekat. Karena, kali ini aku mau berbagi cerita tentang apa saja yang harus dipersiapkan untuk berkunjung ke suatu negara.

Imigrasi merupakan perpindahan penduduk dari suatu negara ke negara lain, baik secara perorangan maupun berkelompok. 

Nah, ketika melakukan imigrasi, posisimu hanya sebagai menjadi warga negara asing di negara yang Kamu dikunjungi. Tentu saja, ada banyak hal yang perlu Kamu persiapkan sebelum melakukan imigrasi ke luar negeri, entah itu untuk mengunjungi keluarga, mendapat beasiswa, atau hanya liburan saja. 😊

Inilah Cara Imigrasi ke Luar Negeri

Sebelum benar- benar melakukan imigrasi ke luar negeri, ada beberapa hal dan cara imigrasi ke luar negeri yang harus kalian tahu 😊

1. Paspor

cara imigrasi ke luar negeri
Jangan Lupa untuk Selalu Membawa Paspor ya! | via: Daihatsu.co.id

The first thing you should prepare, is Pasport! Paspor merupakan bagian dari dokumen penting yang dapat mewakili identitasmu saat berada di luar negeri. Masa berlaku yang dimiliki paspor kurang dari 6 bulan. Para calon imigran yang belum pernah memiliki paspor sebelumnya, dapat mengurusnya di kantor imigrasi daerah atau kota. Begitupun bagi yang ingin memperpanjang masa berlaku paspor. 

Ada negara yang hanya menerima paspor dengan masa berlaku minimal 1 tahun, yaitu Amerika dan India. Mereka melakukan hal ini, untuk menghindari terjadinya kasus deportasi karena masa berlaku paspor yang dimiliki pengunjung habis atau expire. 

2. Visa

Dokumen lainnya yang harus Kamu siapkan adalah visa. Memang terkesan sederhana karena bentuknya berupa stiker atau stempel khusus yang ditempelkan di paspor yang ada. Tidak seperti paspor yang terlihat seperti notebook kecil. But,  selama pendaftaran visa, Kamu akan dihadapkan dengan sesi wawancara setelah memberikan dokumen yang telah dipersiapkan sebagai salah satu syarat pendaftaran. 

3. Benda yang Boleh Dibawa dan Tidak Boleh Dibawa

cara imigrasi ke luar negeri
Cermati apa saja barang bawaan kalian! | via: Guu.vn

Benda yang dimasukkan ke dalam bagasi pesawat dengan barang yang dibawa ke dalam tas ukuran totebag untuk diletakkan di atas bagasi kabin pesawat, memiliki ketentuan yang berbeda. Jumlah berat untuk di bagasi tentu dapat memuat lebih banyak dibandingkan di kabin pesawat. 

Kamu yang membawa barang tajam seperti gunting atau pisau kecil, sebaiknya dimasukkan ke dalam bagasi. Cairan yang boleh dibawa hanya sebanyak 100 mL, jika melebihi ketentuan, maka barang akan diproses lebih lanjut oleh pihak bandara. Obat-obatan tertentu atau makanan bayi, termasuk ke dalam benda pengecualian yang dapat dibawa ke dalam bagasi kabin pesawat. 

4. Tiket Pesawat

Tidak akan berhasil ke luar negeri kalau Kamu tidak memiliki tiket pesawat kan? hehe 😋 Tiket ini bisa Kamu dibeli secara online atau langsung saat berada di bandara. Setelah Kamu memiliki tiket pesawat, jangan datang terlalu mepet dari penjadwalan keberangkatan pesawat. 

Sebaiknya, sudah berada di bandara atau pergi ke bandara sekitar 2-3 jam sebelum pesawat take off. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari kemacetan lalu lintas, atau kejadian lainnya yang tiba-tiba Kamu alami. 

5. Check in di Bandara

cara imigrasi ke luar negeri
Jangan Telat Waktu Check in Di Bandara ya! | via: 112.internasional

Check in, kini dapat dilakukan secara online atau manual. Pengecekan online atau self service bisa Kamu lakukan melalui website atau call center yang telah disediakan oleh pihak maskapai. Namun, pelayanan seperti ini biasanya difokuskan untuk ibu hamil, bayi, anak di bawah umur, orang dengan penyakit tertentu, atau bisa juga orang yang membutuhkan penangan khusus. Jadi, kalau Kamu tidak termasuk ke dalam kategori tersebut, harus melakukan check in dengan mengantri di depan meja pelaporan (check in counter) ya! 😊

Itu dia, beberapa cara imigrasi ke luar negeri yang bisa aku share. Semoga sharing kita kali ini bermanfaat ya, terutama bagi Kamu yang akan melakukan perjalanan ke luar negeri dalam waktu dekat. 😊

Post a Comment