Hi readers, welkam bek to my blog. Kali ini aku mau bagi-bagi tips ke kalian tuk membeli AC yang bagus dan ciamik buat kalian di rumah/kantor atau dimanapun kalian berada. Apalagi buat kalian yang tinggal di kota kota super panas seperti Jakarta, Tangerang, Cirebon, Surabaya dan lainnya. AC menjadi sebuah kebutuhan primer buat kita-kita yang ga kuat sama yang namanya panas.

Nah, sebelum membeli AC, kalian wajib banget tahu jenis AC apa yang sebenarnya kalian butuhkan. Berikut macam-macam jenis AC yang harus kalian ketahui:

  • AC Standard
  • Low Watt
  • AC Inverter

Nah setiap jenisnya itu memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing, sekali lagi semua itu tergantung ke kebutuhan kalian ya 😊

AC Standard

Sesuai dengan namanya, AC standard memiliki fitur yang biasa-biasa aja alias standard dan bisa ditemukan di AC manapun. Selain fiturnya yang tidak terlalu banyak, penggunaan daya listrik pun lebih besar disbanding AC-AC lainnya. Harga AC Standard ini mungkin tergolong lebih murah disbanding AC-AC lainnya, akan tetapi biaya listriknya jauh lebih besar. So, jenis AC ini tidak cocok sama sekali buat kalian yang pengen berhemat atau menghemat listrik.

AC Low Watt

Sesuai dengan namanya juga, AC ini memiliki kompesor dengan daya listrik yang rendah, jadi jenis AC ini akan lebih cocok buat kalian yang sedang berhemat! Tapi karena daya listrik nya yang rendah, ruangan AC pun akan lebih lama untuk menjadi dinginnya. Jadi buat kalian yang ga sabaran, sepertinya jenis AC Low Watt ini kurang cocok untuk kalian. Selain itu, AC Low Watt memiliki harga lebih mahal dari AC Standard tetapi menggunakan listrik yang lebih efisien sehingga biaya listrik anda akan lebih murah hingga 20-30% per bulannya. Jenis AC Low Watt ini cocok digunakan untuk rumah yang memiliki daya listrik kecil karena memiliki tarikan listrik awal yang paling kecil dibandingkan dengan tipe AC Standard dan AC Inverter. Sebagai contoh AC Low Watt 1PK dari Sharp menggunakan daya listrik 690W apabila dibandingkan dengan 900W yang diperlukan AC Standard 1PK dari Sharp.

AC Inverter

Nah, diantara AC AC jenis lain. AC inverter ini merupakan jenis AC dengan karsta tertinggi. Berbeda dengan jenis AC lainya, kompesor AC Inverter ini bisa menyesuaikan pada kebutuhan untuk mencapai suhu ruangan yang diinginkan. Misalnya kalian mau set suhu 24 pada remote AC inverter, maka pada awal dinyalakan AC Inverter akan bekerja dengan sangat keras untuk mendinginkan ruangan. Penggunaan awal ini menggunakan listrik yang lebih tinggi dari AC Standard. Pada saat suhu ruangan sudah mencapai 24 (sesuai dengan remote AC) maka kompressor pada AC inverter akan bekerja seminimal mungkin.

Nah karena aku pun kerja dan tinggal di Jakarta, aku menggunakan dua jenis AC yang berbeda. Di kost, aku menggunakan AC Low Watt dan aku benar-benar ngerasain yang namanya si AC ini aga lama buat bikin ruangannya menjadi dingin. Sedangkan untuk kantor, AC yang digunakan adalah AC Inverter! Dan beneran cepet bikin dingin.

TIPS AC yang cocok untuk kamu:

  • Rumah dengan daya listrik pas pasan -> Gunakan AC Low Watt
  • Pintu ruangan AC sering dibuka tutup -> Gunakan AC Standard atau Low Watt
  • AC sering dimati nyalakan -> Gunakan AC Standard atau Low Watt
  • AC hanya bekerja untuk waktu pendek (2-3 jam sekali pakai) -> Gunakan AC Standard atau Low Watt
  • AC nyala dalam kondisi lama (6 jam+) di ruangan yang tidak buka tutup (contoh di ruang tidur) -> Gunakan AC Inverter

Anw, buat kamu yang lagi nyari AC Inverter. Kalian boleh banget nyobain AC LG DUAL COOL with Watt Control. Ac ini bisa jadi jawaban buat kamu yang pengen hemat listrik tapi bikin ruangan dingin seenak yang kalian mau.

AC LG DUAL COOL with Watt Control

AC LG DUAL COOL with Watt Control

Detail of AC LG DUAL COOL with Watt Control

Detail of AC LG DUAL COOL with Watt Control

AC ini memiliki Active Energy Control yang memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan tingkat konsumsi energi dan kapasitas pendinginan dengan mengendalikan frekuemsi maksimum dari motor kompresor. Sementara itu, dua fitur utamanya yaitu Jet Cool dan MultiWATT Option menjadi kombinasi yang pas untuk membuat AC lebih hemat listrik.

Jet Cool dapat mempersingkat proses pendinginan ruangan hanya dengan menekan satu tombol. Sementara itu, MultiWATT Option di dalamnya membuat pengguna bisa mengoptimalkan kerja hemat listrik dari AC LG Dual Cool Series ini. Ada juga garansi kompresor AC selama 10 tahun yang membuat pengguna bisa menikmati benefit-nya dalam jangka waktu yang lebih lama.

Fitur lain yang tak kalah penting adalah Low Refrigerant Detection, yaitu inovasi baru dari LG yang dapat memberikan peringatan jika ada kebocoran freon pada sistem. Ditambah kehadiran fitur Ionizer yang dapat melakukan sterilisasi menghilangkan bau tak sedap pada ruangan dengan menggunakan lebih dari 3 juta ion. Canggih, bukan?

Nah, semoga informasi dari aku ini bisa bantu kalian ya 😊 Have A good days!