logo
Top
Image Alt

Urmilamile's World

  /  Sharing   /  Tips Sepatu Tidak Bau
tips sepatu tidak bau

Tips Sepatu Tidak Bau

Hai readers!~ ketemu lagi nih hehe, kali ini aku mau sharing tentang tips sepatu tidak bau. Sepatu yang sering dipakai pasti lama-kelamaan akan menimbulkan bau. Masalah ini sangat merepotkan, apalagi saat melakukan aktivitas yang mengharuskan melepas sepatu. Pasti bau tidak sedap menguap kemana-mana. Tentu, hal ini juga bisa bikin teman kamu merasa tidak nyaman kan.. 

Nah, kalian tau nggak, apa sih yang bikin sepatu jadi bau?

Biasanya bau tidak sedap pada sepatu disebabkan oleh kaki yang berkeringat.

Hal ini bisa terjadi pada siapa saja, semua jenis sepatu bisa berbau, tidak peduli merk, harga mahal ataupun murahan. Terkadang, aku juga mengalami hal ini. Apalagi kalau abis beraktifitas seharian di kondisi cuaca yang panas banget. Waduhhhh pasti deh sepatu jadi bau 😭 Karena itulah, kebersihan sepatu harus tetap terjaga. 

5 Tips Sepatu Tidak Bau yang Wajib Kamu Tau

Jika kalian pernah mengalami masalah serupa seperti aku, yaitu sepatu jadi bau setelah dipakai beraktivitas seharian, ada beberapa tips jitu yang bisa kalian lakukan. Apa aja sih? Check it out! 

1. Rendam Kaki dengan Air Garam

tips sepatu tidak bau
Coba untuk Merendam Kaki pakai Air Garam ya! | via: Medicalnewstoday.com

Penyebab utama sepatu mengeluarkan bau disebabkan oleh kuman yang tumbuh di kaki. Udara yang panas membuat tubuh lebih cepat berkeringat, terutama bagian kaki. Menurut penelitian, bakteri pada kaki akan memakan keringat, kemudian memproduksi asam yang mengeluarkan bau.

Jumlah bakteri pada kaku dapat dikurangi dengan garam. Siapkan satu ember air hangat dan setengah cangkir garam. Campurkan garam pada air hangat dan aduk sampai larut. Lalu, rendam kaki pada larutan tersebut selama 20 menit. Jangan lupa mengeringkan kaki setelah selesai merendam.

2. Menggunakan Kaos Kaki yang Tepat

The second thing you can do, adalah dengan menggunakan kaus kaki yang dapat menyerap keringat. Sebaiknya, gunakan kaos kaki yang berbahan katun. Jenis kain ini dapat membuat kulit kaki bernapas serta menyerap keringat dengan sempurna. Hindari menggunakan kaos kaki berbahan nilon, karena tidak menyerap keringat dan kaki terasa lembab.

Jika memiliki keringat berlebih, selalu bawa kaos kaki cadangan saat beraktivitas keluar rumah. Terlebih lagi ketika aktivitas akan dilakukan seharian. Maka dari itu, don’t forget to change your socks ya, apalagi saat sudah digunakan setengah hari atau ketika kaki sudah mulai terasa lembab. 😊

3. Menggunakan Spray Penghilang Bau

tips sepatu tidak bau
Semprotkan Spray Anti Bau di Sepatu Kalian ya! | via: Theorganisedhousewife.com.au

Sepatu terlanjur berbau, sementara tidak ada waktu untuk mencucinya? Jangan khawatir, sepatu masih tetap bisa dipakai tanpa mengeluarkan bau. Caranya semprot menggunakan spray penghilang bau. Spray ini dapat dibuat sendiri dengan memanfaatkan bahan yang ada di rumah.

Siapkan satu botol spray yang tidak terpakai. Buat campuran cuka dan air dengan perbandingan 50:50. Jika ada, tambahkan minyak esensial tea tree oil sebanyak 10 tetes. Lalu, kocok agar semua bahan tercampur. Semprotkan spray pada masing-masing sepatu. Pastikan saat dipakai sepatu dalam keadaan kering. 😊

4. Menghilangkan Bau dengan Baking Soda

Baking soda terbukti ampuh menghilangkan bau dari sepatu. Taburkan baking soda pada masing-masing sepatu. Biarkan semalaman. Keesokan paginya, bersihkan sisa baking soda dari sepatu sebelum dipakai. Bisa juga membuat kantung anti bau yang dapat digunakan berulang kali.

Cari dua kantung yang sudah tidak terpakai. Lalu, isi masing-masing dengan dua sendok makan baking soda. Jangan lupa diikat dengan rapat agar tidak tumpah. Letak kan kantung tersebut setiap malam, lalu keluarkan keesokan paginya.

5. Membasmi Bau dengan Kantung Teh

tips sepatu tidak bau
Menghilangkan Bau dengan Kantung Teh? Hmm.. Boleh Dicoba Tuh! | via: Puaro.lv

Kantung teh hitam juga dapat menghilangkan bau membandel pada sepatu. Hal ini karena teh hitam mengandung polifenol yang dipercaya dapat membunuh bakteri. Ambil kantung teh yang sudah digunakan atau kantung teh bekas. Letakkan pada sepatu sekitar kurang lebih satu jam. Setelah itu, bersihkan cairan yang tersisa pada sepatu. 😊

Nah, itu dia 5 tips sepatu tidak bau yang bisa aku bagikan. Dengan mengikuti tips-tips di atas, maka Kamu tidak perlu khawatir lagi sepatu akan berbau tidak sedap. Selain mengikuti cara ini, sebaiknya Kamu tetap rajin mencuci sepatu. Untuk sepatu jenis kets atau sneakers, Kamu bisa mencucinya dengan mudah menggunakan mesin cuci untuk membersihkannya. Lalu, keringkan dengan cara menjemur. Gampang kan? 😊

Post a Comment