logo
Top
Image Alt

Urmilamile's World

  /  Sharing   /  Tips Membuat Boba
tips membuat boba

Tips Membuat Boba

Hai readers!~ kali ini aku mau sharing tentang tips membuat boba. Siapa sih yang nggak jatuh cinta ketika pertama kali mencoba bubble tea? Butiran-butiran boba berbahan dasar tepung tapioka ini sukses menghipnotis pecinta kuliner di berbagai negara. Buat informasi tambahan aja, boba tea atau boba milk tea sebelumnya lebih dikenal dengan sebutan pearl milk tea, karena wujud boba yang mengkilap seperti mutiara. 

Boba sendiri berasal dari Taiwan. Karena kenikmatan dan kemudahan dalam membuatnya, kini boba sukses digandrungi di banyak negara, termasuk Indonesia. Boba merupakan toping hits minuman kekinian di kalangan anak muda masa kini. Teksturnya yang chewy bikin boba semakin nagih. Nah, kira-kira gimana ya cara membuat boba? Gampang kok! 😉

Ini Dia, Tips Membuat Boba

tips membuat boba
Membuat Boba Sendiri yang Enak | via: Ecooe.com

Boba biasa disajikan dengan milk tea. Boba alias mutiara tapioca ini menghadirkan sensasi kenyal bercampur manis tatkala diminum. Meskipun banyak yang menjual secara online maupun offline, harga boba kurang ramah terutama bagi anak sekolah.  Nah, makanya bakal lebih asyik kan kalau Kamu bisa bikin sendiri di rumah. Apalagi bahan bakunya sangat mudah didapat, sayang banget kalau beli boba yang harganya cukup mahal.

Buat Kamu yang ingin tau cara membuat boba, yuk simak tips membuat boba agar boba yang Kamu bikin makin chewy, lembut, dan istimewa. 😉

1. Sebelumnya, siapkan dulu panci atau alat masak yang anti lengket agar boba tidak menempel saat dimasak.

2. Siapkan bahan-bahan berikut: 

1 bungkus nutrijel coklat, 200 gram tepung tapioka, 1 sdt perasa mocca,2 sdm palm sugar, 5 tetes pewarna coklat, dan jangan lupa 160 ml air hangat.

tips membuat boba
Tepung Tapioka Sebagai Bahan Utama | via: Resep.blogspot.com

Tips:

  • Usahakan palm sugar yang bubuk agar adonan semakin mudah tercampur.
  • Selain untuk menambah rasa, perisa mocca berfungsi untuk menambah aroma. Jadi bahan ini wajib ada ya biar boba makin istimewa.
  • Kalau Kamu punya pewarna hitam, maka gunakanlah karena warna hitam akan menambah kesan pearl. Pewarna coklat hanyalah alternative saja.

Gunakan air hangat agar adonan mudah tercampur, usahakan jangan air dingin.

3. Campurkan bahan-bahan diatas (kecuali air hangat), lalu aduk perlahan.

4. Masukkan air hangat sedikit demi sedikit sambil diaduk. Hal ini bertujuan agar adonan rata.

5. Ambil adonan sedikit demi sedikit dan buat menjadi bentuk bola.

6. Taburi dengan tepung tapioka. 

Tips: 

  • gunakan tepung secukupnya (usahakan sesuai dengan banyaknya adonan) jangan sampai kelebihan. Untuk 200 gram adonan, cukup gunakan 50 gram tepung untuk membaluri.
tips membuat boba
Perhatikan Waktu Ketika Merebus Boba | via: Hipwee.com

7. Rebus adonan selama 10-15 menit, sampai adonan mengambang.

8. Angkat adonan dan masukkan ke dalam air es.

9. Sementara itu, rebus gula jawa dan masukkan adonan boba tadi.

10. Tunggu hingga mengental, kemudian masukkan boba ke dalam toples. Pastikan juga toples tertutup rapat ya.

11. Simpan dalam kulkas agar tidak mengundang semut.

Itu dia, 11 langkah membuat boba. Gimana, mudah banget kan? Bubble/ pearl/ boba tidak hanya disajikan bareng milk tea aja loh. Kamu juga bisa menyajikannya sebagai toping thai tea, matcha frappe, atau minuman segar lainnya. 

Memang sih, hasilnya tidak serapi seperti halnya boba yang diproduksi oleh mesin. Tapi, Kamu pasti akan jauh lebih puas jika bisa meracik minuman hits ini sendiri. Selain memberikan kepuasan tersendiri, Kamu juga bisa hemat banget, readers. Saat disimpan di dalam kulkas, boba ini bisa bertahan sampai 2 minggu, loh. Wah, lumayan banget kan buat persediaan keluarga di rumah. Sekian tips membuat boba dari aku. Yuk, coba sekarang juga dan semoga berhasil ya. 😉

Post a Comment