Logo Urmilamile.com
Top
benjolan di ketiak perlu diwaspadai

Arti Benjolan di Ketiak, Ciri-Ciri dan Penyebab Muncul

Hi Readers! ~ Kalau tiba-tiba ada benjolan yang muncul di salah satu bagian tubuh kita, pasti kita langsung parno ya takutnya ada penyakit di sana. Seperti misalnya benjolan di ketiak, yang bisa saja menjadi indikasi dari suatu penyakit tertentu. Biasanya, benjolan ini disebabkan oleh membesarnya kelenjar getah bening di bagian bawah lengan.

Ukuran benjolan juga biasanya sangat kecil, tapi ketika diraba terasa di kulit. Benjolan yang tidak berbahaya, biasanya disebabkan oleh pertumbuhan jaringan yang tidak normal. Namun, ada pula benjolan yang memang berbahaya yang menjadi salah satu jenis penyakit tertentu.

Penyebab dari benjolan ini bermacam-macam, dan tentunya hal itu berhubungan dengan kondisi kesehatan orang tersebut. Untuk memastikan apakah benjolan ini berbahaya atau tidak, tentu diperlukan pemeriksaan ke Dokter.

Arti dan Ciri-ciri Benjolan di Ketiak

Kelenjar getah bening merupakan bagian dari sistem pertahanan tubuh pada manusia. Fungsi dari kelenjar getah bening ini adalah untuk melawn segala infeksi yang masuk ke dalam tubuh. Sehingga, jika kamu menemukan benjolan di ketiak artinya tubuh sedang terinfeksi dengan sesuatu.

Gejala yang paling umum terjadi pada benjolan ketiak adalah munculnya benjolan tersebut, khususnya pada saat kamu meraba bagian ketiak. Ukurannya beragam, bisa kecil tapi bisa juga besar. Bahkan teksturnya pun bermacam-macam. Tekstur benjolan ini tergantung dari penyebab benjolan itu sendiri. Jika penyebabnya memang infeksi, maka biasanya tekstur benjolan itu lunak.
Namun lain halnya dengan jenis benjolan yang keras saat diraba, atau tidak bergerak pada saat kamu menyentuhnya. Maka bisa saja penyebab dari benjolan itu adalah kanker payudara. Untuk mendapat diagnosa yang lebih detail, kamu tetap harus memeriksakan diri ke Dokter.

Selain itu, jika memang benjolan ini berbahaya maka biasanya benjolan tidak akan mudah hilang. Atau ukurannya membesar dalam

waku cepat. Sedangkan untuk benjolan karena infeksi/alergi juga akan menimbulkan rasa sakit. Ciri atau gejala lainnya yang muncul, pada saat terdapat benjolan di ketiak yang disebabkan oleh infeksi diantaranya yaitu :

demam jadi salah satu gejala dan ciri benjolan di ketiak
(Photo by: Alodokter.com)
  • Demam
  • Seluruh bagian kelenjar getah bening membengkak.
  • Mengeluarkan keringat di malam hari.

Penyebab Benjolan pada Ketiak

1. Infeksi Bakteri atau Virus

Hal ini terjadi ketika kamu mencabut atau mencukur bulu ketiak, kemudian ada bakteri yang masuk ke dalam folikel rambut sampai menumpuk di sana. Penumpukan itu berbarengan dengan kulit mati, sehingga benjolan ini mirip dengan bisul dan bisa saja berisi nanah.

2. Lipoma

lipoma jadi salah satu penyebab benjolan di ketiak
(Photo by: Medicalnewstoday.com)

Lipoma merupakan jaringan lemak yang terus bertumbuh dan juga berkembang di bagian bawah kulit. Meskipun begitu, biasanya jaringan ini jinak dan penyebabnya belum diketahui secara pasti.

3. Fibroadenoma

Merupakan jenis tumor jinak yang terdapat pada payudara, tetapi bukan kanker. Benjolan ini terdapat di bagian payudara, tetapi bisa juga muncul di ketiak. Ukurannya tidak tentu, tidak sakit dan bisa digerakkan dengan mudah.

4. Hidradenitis Suppurativa

Terdapat benjolan berwarna kemerahan di ketiak, yang disebabkan oleh penyumbatan folikel rambut panjang dalam waktu yang lama.

5. Reaksi Alergi

reaksi alergi juga jadi salah penyebab benjolan di ketiak
(Photo by: Hellosehat.com)

Benjolan pada ketiak juga bisa disebabkan oleh penisilin atau yodium. Maka sebelum mengkonsumsi makanan atau obat tertentu, sebaiknya konsultasikan dulu dengan Dokter terkait.

Itulah beberapa ciri dan penyebab benjolan di ketiak yang harus kamu tahu, supaya kalau itu terjadi bisa segera diatasi ya Readers ☺

Post a Comment