Logo Urmilamile.com
Top
cara masuk label musik

Cara Masuk Label Musik Indonesia dan Internasional

Hi Readers!~ Seperti yang kita ketahui, label rekaman sangat berperan penting dalam menjadikan seorang musisi atau penyanyi menjadi seorang artis terkenal. Tapi mereka juga memberi keuntungan bagi kamu sebagai seorang musisi. Pihak label rekaman juga akan mencari musisi yang kualitasnya terjamin, supaya bisa menarik perhatian khalayak ramai. Tidak heran jika cara masuk label musik bisa dibilang cukup sulit untuk dilalui. 

Meski begitu, tidak ada yang tidak mungkin, termasuk agar bisa masuk label musik. Selama kamu mengembangkan musik dan penampilan terbaik pada label rekaman tersebut, maka kamu bisa memasuki kancah musik Indonesia dengan kualitas musik yang mumpuni. Jangan lupa untuk mempersiapkan hasil rekaman kamu dengan matang sebelum memasukkannya ke label rekaman ya Readers.

Cara Masuk Label Musik dengan Langkah yang Tepat

Agar proses menjadi musisi bisa lebih lancar, ada beberapa cara masuk label musik yang harus kamu pahami. Inilah beberapa diantaranya: 

1. Mencari Tahu Tipe Label Musik atau Label Rekaman yang Kamu Pilih

cara masuk label musik
(Photo by: Bloximages.co)

Pertama-tama, kamu harus mencari tahu terlebih dahulu mengenai label musik rekaman yang nantinya akan kamu pilih. Karena bisa saja mereka tidak mau menandatangani kontrak dengan kamu, karena CD demo yang kamu masukkan tidak sesuai dengan jenis musik yang biasa mereka orbitkan.

Maka, cari tahu dahulu label musik mana mau menandatangani kontrak dengan para calon musisi seperti kamu. Apakah mereka juga mau menerima CD demo langsung dari para calon musisi yang sebelumnya tidak mereka hubungi terlebih dahulu.

2. Menghubungi Label Musik Sesuai dengan Jenis Musik yang Kamu Mainkan

cara masuk label musik
(Photo by: cdn.builtinla.com)

Kalau kamu sudah menemukan label musik rekaman yang dianggap potensial, maka kamu bisa langsung mengirimkan CD demo musik kamu ke tempat tersebut. Kamu juga bisa menunjukkan kepada mereka musik yang sudah kamu mainkan dan unggah di internet. Hubungi mereka juga untuk mengetahui sampai di mana perkembangannya. Atau setidaknya pastikan kembali bahwa mereka sudah menerima paket CD demo yang kamu kirimkan. Dengan begitu, akan lebih besar peluang label musik atau label rekaman melihat potensi dalam diri kamu. 

Apabila kamu berhasil masuk ke label musik yang kamu pilih, maka pastikan kembali apakah kamu ingin memiliki manajer atau tidak. Manajer yang pengalamannya sudah banyak tentu akan menjadi aset yang kuat bagi kamu. Supaya kamu bisa tampil di acara-acara musik besar atau mampu menyewa pengacara yang berkualitas, jika terjadi sesuatu dengan kontrak/perjanjian dengan label musik rekaman tersebut.

3. Mengikuti Ajang Pencarian Bakat

cara masuk label musik
(Photo by: Openmicuk.co.uk)

Kini, ada banyak loh ajang pencarian bakat di televisi yang bisa membantu kamu dalam menjadi batu loncatan untuk bisa masuk ke label musik rekaman. Karena ajang pencarian bakat itu menjadi wadah yang tepat dalam mencari musisi berbakat, yang nantinya akan bertemu langsung dengan lima label musik terbaik di Indonesia.

Label musik tersebut akan mengaudisi para calon musisi yang selama ini mungkin merasa kesulitan dalam menembus label rekaman tersebut. Kalau kamu yakin dengan materi musiknya yang bagus dan sesuai, maka kamu bisa langsung mengikuti ajang pencarian bakat ini. Sebaiknya cari musik yang asyik, fresh tapi berkualitas ya Readers. Hal itu juga bisa menjadi salah satu cara masuk label musik baik di Indonesia maupun luar negeri.

Nah, itulah 3 cara yang bisa kamu lakukan untuk masuk ke label rekaman. Dengan memahami 3 cara masuk label musik ini, diharapkan bagi kalian yang memiliki mimpi sebagai seorang musisi bisa lebih dekat dengan mimpi kalian ya! 

Post a Comment